Program Lingkungan Tahun Pelajaran 2021

Program Kerja Wakil Kepala Sekolah bidang Lingkungan

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia no. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pelaksanaan Rencana Kerja Wakil Bidang Lingkungan adalah :

  1. Sekolah/Madrasah menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran yang efisien dalam prosedur pelaksanaan.
  2. Prosedur pelaksanaan penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pendidikan:
  3. Sekolah/Madrasah menetapkan pedoman tatatertib
  4. Tata tertib sekolah/madrasah ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah melalui rapat dewan pendidik dengan mempertimbangkan masukan komite sekolah/madrasah, dan peserta didik.
  5. Sekolah/Madrasah menetapkan kode etik warga sekolah/madrasah yang memuat norma
  6. Kode etik sekolah/madrasah ditanamkan kepada seluruh warga sekolah/madrasah untuk menegakkan etika sekolah/madrasah.
  7. Sekolah/Madrasah perlu memiliki program yang jelas untuk meningkatkan kesadaran beretika bagi semua warga sekolah/madrasahnya.
  8. Kode etik sekolah/madrasah yang mengatur peserta didik memuat norma untuk, menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya;menghormati pendidik dan tenaga kependidikan;mengikuti proses pembelajaran dengan menjunjung tinggi ketentuan pembelajaran dan mematuhi semua peraturan yang berlaku;memelihara kerukunan dan kedamaian untuk mewujudkan harmoni sosial di antara teman; mencintai keluarga, masyarakat, dan menyayangi sesama;mencintai lingkungan, bangsa, dan negara; serta menjaga dan memelihara sarana dan prasarana, kebersihan, ketertiban, keamanan, keindahan, dan kenyamanan sekolah/madrasah.
  9. Peserta didik dalam menjaga norma pendidikan perlu mendapat bimbingan dengan keteladanan, pembinaan dengan membangun kemauan, serta pengembangan kreativitas dari pendidik dan tenaga kependidikan.
  10. Kode etik sekolah/madrasah yang mengatur guru dan tenaga kependidikan memasukkan larangan bagi guru dan tenaga kependidikan, secara perseorangan maupun kolektif
  11. Kode etik sekolah/madrasah diputuskan oleh rapat dewan pendidik dan ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah.