Cara Perpustakaan SMANPA Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa

SHARE

Menurut UNESCO pada 2016, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan yakni hanya 0,001%. Artinya dari 1000 orang Indonesia, hanya ada 1 orang yang rajin membaca. Pada riset berbeda bertajuk ‘’Most Littered Nation In The World’’ yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca.

Di SMA Negeri 4 Kota Jambi, minat baca juga tak kalah memprihatinkan. Dalam sehari hanya ada sekitar 50 orang yang mengunjungi perpustakaan sekolah dan membaca buku. Padahal jumlah siswa yang ada di sekolah ini mencapai 1400 lebih siswa. Ini artinya minat baca siswa sekolah ini hanya sekitar 3,6%.

 Menurut Pak Siswoyo ‘’ kebanyakan siswa yang datang untuk membaca di perpustakan ini mengambil buku berjenis fiksi dikarenakan mereka ingin mencari hiburan setelah belajar di kelas .’’ hal ini seiring dengan perpustakan yang juga bisa menjadi sarana rekreasi ataupun refresing  bagi siswa di sman 4 kota jambi.

buku yang di tawarkan di perpustakaan puncukup beragam mulai dari buku pelajaran,buku fiksi,dan buku non fiksi. Selain buku yang beragam ,perpustakaan juga memiliki cara lain untuk menarik minat baca siswa. Salah satunya  adalah dengan  memberikan penghargaan khusus kepada sisa yang rajin membaca buku dari perpustakaan. Seperti yang  dilakukan pada hari Senin, 06 Januari 2020 yang lalu  

pak siswoyo juga beharap agar’’minat baca siswa -siswi sman 4 d kota jambi di tingkatkan di harapkan juga guru bidang studi khususnya  bahasa Indonesia juga  bisa berperan aktif karna berhubungan dengan literasi

By. Pers SMAN 4 Kota Jambi